Allah SwT itu Maha Pemurah; membaca huruf-huruf al-Qur’an saja kita sudah diberi pahala. Jika kita ingin memperoleh pahala yang lebih besar maka cara membacanya perlu ditingkatkan.

Membaca dapat hanya sekedar melafalkan; ini dapat saja asal bunyi, tetapi dapat ditingkatkan dengan memperhatikan haq masing-masing hurufnya maupun memahami tajwidnya.

Yang lebih baik lagi adalah memahami maknanya, misalnya dengan sekedar membaca terjemahnya (per kata ataupun per ayat), ataupun juga tafsirnya. Kini kitab terjemah ataupun tafsir sudah mudah diperoleh dengan harga kurang dari Rp. 50.000,- sampai dengan yang lebih dari dua juta rupiah; bahkan yang berupa software juga ada, yang mudah diinstall ke gadget HP untuk mudahnya kita bawa ke mana-mana.

Jika kita ingin lebih baik lagi, itu adalah mentadzaburi ayat-ayatnya, yaitu merenungkan maknanya lalu mempertanyakan kepada diri kita sendiri: ” Apa yang dapat kita lakukan terkait dengan ayat yang telah kita baca itu?” Pertanyaan ini pun bisa diperluas, dipertanyakan kepada keluarga, teman, maupun lingkungan masyarakat di sekitar kita.

Dengan cara ini berarti kita setelah memahami, meresapkan, menghayati, mengamalkan, lalu meneruskan (mengajarkannya); jika sudah demikian maka yang kita ajarkan itu akan menjadi amal jariyah, yang pahalanya akan mengalir terus tanpa hitungan meskipun kita sudah mati.

Itu semua sejalan dengan sabda Rasulullah saw bahwa sebaik-baik amalan adalah mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.

Semoga Allah memudahkan langkah kita.
Aamiin.

Oleh : RM Tauhid al-Amien

Kategori: Tadabbur

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *